Tata Cara Memperoleh Informasi Publik


Cara Memperoleh Informasi

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menyediakan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh informasi yang ada pada Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat melalui:

  • Melalui Telepon/Faksimili
    Telepon  : (022) 7203806 – 7207083
    Faksimili : (022) 7207085 – 7273605
  • Melalui surat
    Masyarakat dapat mengirimkan surat melalui jasa pos yang ditujukan kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat dengan alamat Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Jln. Surapati No. 122, Kota Bandung 40122, Jawa Barat.
  • Datang Langsung
    Datang langsung ke kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat dengan alamat Jln. Surapati No. 122, Kota Bandung 40122, Jawa Barat.

Mekanisme Layanan Informasi Publik
  1. Persyaratan:
    • Menunjukkan kartu identitas (KTP/SIM/Kartu Tanda Mahasiswa/Surat Keterangan);
    • Melampirkan Surat Tugas dan/atau Surat Permohonan Informasi Publik dari Dinas/Instansi/Lembaga yang menugaskan;
    • Mengisi Formulir Permohonan Informasi Publik;
    • Pengguna Informasi Pubik wajib menggunakan informasi publik dengan mencantumkan sumber informasi publik tersebut, baik yang digunakan untuk kepentingan sendiri maupun untuk keperluan publikasi.
    • Persyaratan peminjaman buku/koleksi perpustakaan: Kartu Identitas (KTP/SIM/KTM).

  2. Prosedur
    • Setiap pemohon Informasi Publik dapat mengajukan permohonan untuk memperoleh Informasi Publik kepada PPID secara tertulis maupun tidak tertulis disertai alasan permohonan tersebut.
    • Permohonan dapat disampaikan secara langsung atau melalui surat elektronik, telepon dan faksimili.
    • Nomor pendaftaran diberikan saat penerimaan permohonan atau saat penyampaian informasi.

  3. Mekanisme
    • Pemohon Informasi datang ke kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat dan memberitahukan permohonan informasi publik kepada bagian resespsionis.
    • Bagian resepsionis mengarahkan pemohon informasi kepada sekertaris PPID atau petugas yang mewakilinya.
    • Pemohon mengisi formulir dan melengkapi persyaratan yang telah ditentukan yaitu melampirkan fotocopy KTP/SIM/KTM/Surat Keterangan dan Surat Tugas dan/atau Surat Permohonan Informasi Publik dari Dinas/Instansi/Lembaga yang menugaskan.
    • Petugas memproses permohonan publik yang telah diajukan.
    • Petugas memberikan salinan formulir dan pemberitahuan tertulis yang merupakan jawaban atas permohonan.
    • Jika permohonan diterima maka petugas PPID memberikan informasi sesuai dengan yang diminta oleh pemohon.
    • Jika informasi yang diminta masuk dalam katagori informasi yang dikecualikan, PPID mengeluarkan Surat Keputusan PPID tentang penolakan permohonan informasi  dan menjelaskan alasan permohonan tersebut ditolak.