Depan > Index Berita > BKKBN - FAPSEDU SINERGIKAN PROGRAM KERJA
BKKBN - FAPSEDU SINERGIKAN PROGRAM KERJA
Senin, 6 November 2017
Bandung – Perwakilan BKKBN Jabar Online : Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat, Sukaryo Teguh Santoso menerima kedatangan Pengurus Forum Antar Umat Beragama Peduli Keluarga Sejahtera dan Kependudukan (FAPSEDU) Jawa Barat, di Kantornya, jumat (3/11) sore. Dalam pertemuan tersebut, Fapsedu Jawa Barat yang dipimpin oleh Sekjen, Atang Abdul Hakim melaporkan bahwa organisasinya aktif dalam melakukan advokasi dan KIE program KKBPk di dalam komunitas agama masing-masing.

Meski demikian, pihaknya berharap ke depan BKKBN bersama Fapsedu dapat menjalankan suatu program kegiatan yang bisa dikerjakan bersama. Hal ini jelas Atang, tidak lepas dari keterbatasan pendanaan yang dimiliki Fapsedu.

“Harus diakui bahwa Fapsedu masih belum mampu menjadi organisasi yang mandiri, karena itu kita ingin ada kegiatan yang bisa dilakukan bersama” kata Atang menerangkan.

Menanggapi ajakan tersebut, Teguh menyambut baik dan mengapresiasi komitmen yang ditunjukkan Fapsedu. Ia menyakini kemitraan dengan Fapsedu yang notabene tokoh-tokoh lintas agama sangat strategis karena menyangkut basis umat yang luas. Terlebih awal berdirinya Fapsedu pada tahun 2008 memang diinisiasi oleh BKKBN sendiri.

“Fapsedu kala itu diharapkan dapat membantu BKKBN dalam melakukan fungsi advokasi dan KIE (komunikasi, informasi dan edukasi). Jadi bila BKKBN menginisiasi berdirinya suatu organisasi, maka harus berkomitmen untuk membesarkan organisasi tersebut” kata Teguh tegas.

Pada kesempatan itu, ia juga mengungkapkan beratnya tantangan pembangunan kependudukan Jawa Barat saat ini. Terutama menyangkut persoalan kuantitas dengan jumlah yang besar dan pertumbuhan yang tinggi, serta masalah kualitas penduduk yang relatif rendah.

Menyikapi tantangan tersebut, BKKBN menyadari tidak bisa bekerja sendiri, sehingga kemitraan menjadi penting bagi BKKBN. “Jadi kemitraan dengan Fapsedu ini merupakan energi tambahan bagi BKKBN” tandasnya kemudian.

Teguh juga menawarkan beberapa solusi terkait permintaan untuk melakukan agenda kegiatan bersama antara BKKBN dan Fapsedu. Salah satunya dengan mengagendakan kegiatan bakti sosial pada momentum peringatan hari-hari besar agama dan nasional.

Tawaran model kerjasama tersebut sehubungan dengan sarana prasarana BKKBN yang bisa dimanfaatkan bersama, seperti mobil unit pelayanan untuk pelayanan KB mobile dan mobil unit penerangan sebagai sarana KIE. Selain itu BKKBN juga memiliki tenaga dokter yang terampil memberikan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi. (HK)

 IMG_20171103_142825.jpg