Profil Kampung KB Provinsi Jawa Barat (Bagian 7)

Oleh :
Wiwin Winarni
Local Support Team Indonesia Competence


KOTA BOGOR

1.    Kampung KB Melati

Kampung KB yang dicanangkan padat tahun 2017 ini dihuni oleh 1,190 kepala keluarga dan memiliki empat kerukunan warga. Salah satu ciri dari kampung KB yang berlokais di perkotaan adalah, tingginya akses terhadap sumber pembiayaan sebagai penunjang sinergitas lintas sektor. Dilaporkan terdapat 10 stakeholder tingkat kota yang memberikan bantuan program pada Kampung KB ini.

Kampung KB ini Nampak memiliki satu sudut penanda Kampung KB yang cukup baik dan terawatt rapih. Inovasi dilaporkan berupa pembuatan berbagai barang dekoratif dan barang yang memiliki kegunaan dari sampah yang dapat di daur ulang. Akan tetapi tidak dilaporkan lebih jauh, bagaimana manfaat ekonimi dari inovasi tersebut. Inovasi lain adalah, maraknya kegiatan wanita tani yang menanami lahan dan pekarangan warga dengan taaman sayuran dan obat.

Fakta Menarik:

Kesertaan KB meningkat dari 65,97% pada tahun 2018 menjadi 74,50% pada tahun 2019.

Rekomendasi :

Laporan pencapaian harap disertakan informasi perubahan data sasaran yang juga tidak dilaporkan dalam profil ini.

 

2.    Kampung KB Muara Kidul RW11

Berlokasi di kelurahan Pasirjaya Kecamatan Bogor Wetan Kampung KB ini memiliki pengurus yang memiliki komitmen yang tinggi. Komitmen ini ditunjukkan dengan menghibahkan halaman rumahnya menjadi pusat kegiatan Kampung KB yang diintegrasikan dengan PAUD dan TK. Selain itu, kegiatan urban farming juga dilakukan di halaman rumah ketua kampung KB termasuk lahan yang dihibahkan warga untuk kegiatan kelompok wanita tani. Terbanyak banyak interaksi warga khususnya para bapak di halaman rumah dataku. Dari sana muncul ide tentang inovasi, keunginan untuk ikut serta dan mengajak anggota keluarga lain akftif berpartisipasi pada kegiatan Kampung KB.

Sebagai kampung KB yang terletak diperkotaan, paparan informasi membuat pengurus Kampung KB memiiki akses dan diakses pada banyak pihak. Disamping itu, Komitmen Walikota sangat baik dengan menugaskan stakeholder tingkat kota untuk mendukung semua aktifitas Kampung KB sesuai dengan ketentuannya. Kemitraan dengan pihak swasta dilakukan untuk memperbaiki situasi kamoung yang semula kumuh menjadi lebih baik dan tertata.

Masyarakat termasuk lansia dan remaja aktif terlibat. Dikarenakan jumlah penduduknya banyak pada lingungan yang padat, kegiatan Kampung KB nampk diminati oleh masyarakat. Kelompok Lansian tidak hanya datang untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan senam, namun mereka juga memiliki kegiatan kesenian. PIK-Remaja merupakan kegiatan yang cukup menonjol di Kampung KB Muara.

Profil Kampung KB ini sangat baik menceritakan kondisi awal an akhir kelompok sasaran berdasarkan serangkaian kegiatan yang dilakukan. Berbagai program nampak melibatkan dan memeiliki dampak pada kelompok sasaran.

Fakta Menarik :

  • GEMAR PEKAN atau gemar pendidikan merupakan inovasi dengan memusatkan kegiatan pendidikan di lahan yang ramah anak.
  • Rumah dataku dibuat dengan mengunakan replica rumah tahan gempa yang disumbangkan oleh badan penanggulangan bencana.
  • Yayasan keluarga local mendorong kinerja sistemastis Kampung KB termasuk pengerahan sumber daya swadaya dan mitra.

Rekomendasi :

Membuat laporan yang memiliki nilai tambah, misalnya PIK Remaja menuliskan kesan pesan dalam bentuk vlog atau antologi buku. Model pelaporan popular ini akan menarik pihak swasta untuk memberikan lebih banyak bantuan.


KOTA SUKABUMI

1.    Kampung KB Assalam

Bertempat di RW 03 Kelurahan Nanggeleng Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi, kampung kb ini menyatakan diri sebagai kelompok masyarakat yang memiliki semangat gotong royong yang kuat. Hal yang menjadi modal bagi warga di Kampung KB untuk menjaga agar wilayahnya tetap bersih dan sehat.

Fakta Menarik :

  • Kampung KB perkotaan ini ditempati oleh 1,814 jiwa yang terdiri dari 925 penduduk laki-laki dan 889 perempuan.
  • Wajah Kampung KB Assalam ditata cantik dengan memanfaatkan proram Kota Tanpa Kumuh dan Sanitasi berbasis masyarakat.

Rekomendasi :

Profil harap menampilkan data dan informasi sasaran pasca intervensi dan pembinaan Penyusunan profil harap melibatkan POKJA atau pengurus kampung KB sehingga lebih bisa menceritakan dinamika partisipasi masyarakat.


KOTA BANDUNG

1.    Kampung KB Flamboyan

Profil Kampung KB Flamboyan yang berlokasi di wilayah sejuk utara Kota Bandung menceritakan banyak dan bervariasinya kegiatan yang melibatkan pengurus dan warga. Kampung KB ini terletak di RW 09 Kampung Nyalindung, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap. Pengurus Kampung KB berkolaborasi dengan kelurahan dan petugas KB di lapangan berhasil meyakinkan stakeholder tingkat kecamatan kota dan provinsi beserta masyarakat untuk aktif terlibat gerakan “Nyaah Ka Kampung KB” atau dalam bahasa Indonesia berarti sayang kampung KB.

Alamnya yang sejuk menjadi salah satu pendukung terciptakanya berbagai kegiatan Kampung KB yang dilakukan di luar ruangan, seperti pengembangan bibit ikan, berbagai kegiatan senam, seni budaya termasuk acara nonton bareng. Intensitas bertemu warga pada kegiatan Kampung KB menciptakan suasana kekeluargaan yang sesuai dengan moto mereka “Nyaah Ka Kampung KB”. Demikian pula enam UPPKS yang dimiliki oleh 6 kerukunan warga yang ada di Kampung KB Flamboyan dilaporkan telah membukukan omzet antara Rp150rb – Rp500rb setiap minggu. Enam kelompok UPPKS ini mengolah sampah, membuat produk makanan dan bahan ramah lingkungan.

Sebetulnya tidak ada inovasi yang menonjol, akan tetapi kekompakan dan banyaknya kegiatan di Kampung KB yang dihuni oleh 781 jiwa dan 237 KK membuat Kampung KB Flamboyan terlihat semarak. Selain itu, modal sosial yang menjadi ciri khas keberasilan Kampung KB Flamboyan mengajak warga berpartisipasi adalah sebuah kesadaran dari para pengurus yang menyadari bahwa Kampung KB adalah pendekatan untuk menyelesaikan berbagai permasalahn yang timbul sebagai akibat rendahnya kualitas SDM.

Selain modal sosial dan bantuan program lintas sektor dan dana CSR yang dapat diakses pengurus yang ada, lokasi Kampung KB yang berada di Ibu Kota Provinsi menjadinya lokasi percontohan, uji coba dan pembelajaran. Para pembelajar Kmapung KB dapat mengakses profil dan kegiatan Kampung KB secara on-line karena kesadaran akan penggunaan IT dan pelaporan berbasis internet memudahkan pengurus Kampung KB melaporkan kegiatan yang beragam.

Masalah yang dihadapi oleh Kampung KB yang memiliki Rumah POKTAN sebagau pusat kegiatan Kampung KB sebagai tantangan agar mereka lebih kompak dan lebih giat bekerja.

Fakta Menarik :

  • Kampung KB FLamboyan mendapatkan penghargaan Wali Kota Bandung untuk Pengelolaan Bank Sampah.
  • Kesertaan KB meningkat dari 62% pada tahun 2016 menjadi 81,50% pada tahun 2018.
  • TNI Polri aktif mendukung Kampung KB Flamboyan dengan melakukan pengaspalan jalan dan penyuluhan anti – narkoba dan keamanan

Rekomendasi :

Libatkan kampus dan media untuk memperkaya dinamika dan capaian Kampung KB Flamboyan.
Dengan melihat tingginya partisipas masyarakat maka Kampung KB dapat mempersiapkan kader baru.