Jawa Barat Lebih Padat Dari Korea Selatan, BKKBN: Pertumbuhan Penduduk Harus Dikontrol

dari : rmoljabar.id

Saat ini angka resmi penduduk Jawa Barat tercatat 49,9 Juta orang. Itu menempatkan Jawa Barat Sebagai Provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Uung Kusmana bahkan memperkirakan,  jumlah penduduk Jawa Barat sebenarnya melebihi angka 50 juta orang. Dia meyakini hal itu akan terbukti jika sensus penduduk 2020 sudah selesai.

“Saat ini sensus penduduk tengah berlangsung dan disinyalir penduduk Jawa Barat pada saat ini sudah menembus 50 juta penduduk,” paparnya di Bandung, Kamis (10/9).

Berdasarkan informasi yang dihimpun RMOLJabar, jumlah penduduk Provinsi Jawa Barat setara dengan negara Korea Selatan yang saat ini diperkirakan berjumlah 51,64 juta jiwa, https://id.wikipedia.org/wiki/Korea_Selatan.

Bahakan wilayah Jawa Barat jauh lebih padat dari negeri Ginseng itu. Pasalnya luas wilayah Korea selatan hampir tiga kali lipat wilayah Jawa Barat (Luas Korea Selata = 100.363 km persegi, sementara Jawa Barat hanya 35.378 km persegi).

Menurut Uung, perlu adanya perhatian yang serius terhadap masalah tersebut. Jika tak di tindaklanjuti dengan baik, ia khawatir akan menimbulkan permasalahan sosial.

Uung menerangkan, dari total keseluruhan penduduk di Jabar, lebih dari 12,5 juta adalah penduduk muda atau merupakan generasi milenial. Dengan itu, dapat dipastikan jumlah penduduk Jawa Barat kedepan akan jauh lebih banyak mengingat generasi milenial itu akan segera menikah dan memiliki keturunan.

“Maka dari itu perlu adanya pengawasan, pengontrolan dan edukasi bagi masyarakat untuk memahami pentingnya berencana sebelum menikah,” pungkasnya.