Bandung Barat Sabet Tiga Penghargaan Bangga Kencana Jabar

Jelang akhir tahun 2020, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bandung Barat berhasil mempersembahkan tiga penghargaan sekaligus.


dari : dara.co.id

Penghargaan tersebut diperoleh dari bidang Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) Jawa Barat seperti kabupaten yang berhasil mencapai target pelayanan 114,9% pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2020, Kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Terbaik III dan Kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR) Terbaik IV.

Untuk PIK Remaja, kali ini yang berhasil menjadi Terbaik III Apresiasi Kelompok PIK Remaja diraih Kelompok PIK Remaja Tunas Priangan Kecamatan Cihampelas, sedangkan BKR yang mengharumkan nama KBB adalah BKR Flamboyan 17.

“Alhamdulillah, prestasi ini berkat kerja sama yang baik dan soliditas tim melalui kerja kerasnya,” ujar Kepala BP2KBP3A KBB, Eriska Hendrayana, didampingi Kepala Bidang KB dan Kesehatan Reproduksi Aam Lia Kartifah dan Kepala Bidang Ketahanan dan Kesejahteraan Reproduksi Edri Suherman, di Ngamprah, Rabu (3/11/2020).

Eriska mengungkapkan, keberhasilan tersebut sebenarnya berawal dari kekhawatiran pihaknya dalam menghadapi pandemi Covid-19. Seluruh program yang dirancang sebelumnya, sempat stagnan karena adanya pembatasan sosial.

Namun dinasnya, berupaya keras tetap menjalankan program KB untuk mencegah terjadinya ledakan penduduk atau baby boom pada tahun 2021. Tentunya, pelayanan KB inipun tetap mengindahkan protokol kesehatan agar tidak menjadikan klaster baru penyebaran Covid-19.

Ternyata berkat kerja keras para lini lapangan, seperti Ikatan Bidan Indonesia (IBI), tenaga kesehatan lainnya, para kader, BKB, BKR dan seluruh komponen yang terlibat di dalamnya, justru program KB di KBB, membuahkan hasil membahagiakan.

“Kita malah meraih tiga penghargaan. Luar biasa kerja keras para lini lapangan ini. Tentunya, saya sangat berterima kasih,” tutur Eriska.***