Kang Yana Ajak Warganya Melek Vasektomi

dari : rri.co.id

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyerukan para pria lebih berperan dalam program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (Bangga Kencana). Salah satunya dengan menjadi peserta keluarga berencana (KB) pria.

Seruan tersebut bukan sekedar basa-basi. Sebab, Yana sendiri sudah terlebih dahulu mencontohkan dengan menjalani vasektomi alias metode operasi pria (MOP).

“Alhamdulillah kami dikaruniai dua anak, satu laki-laki dan satu perempuan. Setelah memiliki sepasang momongan istri berencana menggunakan KB tapi sayang ada kendala ketika menggunakannya. Ada yang jadi jerawatan atau apalah,” kata dalam rangka peringatan Hari Vasektomi Sedunia di Bandung, Senin (9/11/2020).

“Oleh karena itu, setelah anak kedua, saya melakukan operasi vasektomi. Saya melakukannya dengan sukarela,” tambah Yana.

Yana pun mendorong untuk pria di Kota Bandung agar tak menyangsikan adanya KB pria ini. Sebab, pria dapat berkontribusi besar dalam Program pembangunan Keluarga.

“Saya mengajak para pria lain untuk menjadi peserta program keluarga berencana. Program KB atau kini menjadi Bangga Kencana selama ini dianggap hanya untuk kaum perempuan. Padahal, laki-laki juga memiliki tanggung jawab yang sama untuk membangun keluarga berkualitas dengan cara turut mengendalikan kelahiran,” tutur Yana.

Di tempat yang sama, Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat Uung Kusmana mengaku sangat bangga kepada Wakil Wali Kota Yana Mulyana. Keperpihakannya pada program Bangga Kencana tidak saja ditunjukkan melalui kebijakan Pemerintah Kota Bandung. Lebih dari itu, Yana menjadi role model bagi pimpinan daerah lainnya dengan menjadi peserta KB pria.

“Kehadiran Kang Yana merupakan energi dan spirit memajukan Bangga Kencana. Kang Yana menjadi role model karena menjadi peserta KB Pria. Nah, Hari Vasektomi Sedunia ini merupakan penghargaan kepada bagi para suami yang bersedia menjalani vasektomi,” jelas pria yang akrab disapa Ayah Uung itu.

“Ayah juga mengajak kepada masyarakat Kota Bandung, untuk menjadi seperti Kang Yana, guna mewujudkan keluarga yang berkualitas dan berketahanan di Kota Bandung, sesuai dengan visi misi dari Bangga Kencana,” tutupnya.