Klaster Keluarga Melonjak, BKKBN Ingatkan 8 Fungsi Ini

dari : rri.co.id

Melonjaknya klaster keluarga dalam penyebaran Covid-19, mendapat perhatian dari seluruh pihak tak terkecuali Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat.

Kepala Perwakilan BKKBN Jabar, Uung Kusmana menyatakan, peningkatan klaster keluarga tak lepas dari kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya fungsi keluarga.

“Ayah melihat peningkatan yang terjadi pada kluster keluarga ini akibat masih rendahnya pemahaman serta kesadaran keluarga akan pentingnya delapan fungsi keluarga,” ungkap Uung yang biasa disapa Ayah ini, kepada RRI, Senin (16/11/2020).

Menurut Uung, 8 fungsi keluarga ini menjadi pondasi dasar guna membentuk ketahanan keluarga terlebih di masa pandemi saat ini.

“Padahal untuk membentuk keluarga yang memiliki ketahanan, sangat penting pengaplikasian 8 fungsi keluarga, terlebih menghadapi situasi saat ini,” jelasnya.

Uung mengatakan, 8 fungsi keluarga itu meliputi fungsi agama, fungsi kasih sayang, fungsi perlindungan, fungsi sosial budaya, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan.

Ketika 8 fungsi keluarga ini dijalankan dengan baik oleh keluarga, lanjut Uung, penerapan protokol kesehatan dalam keluarga, pemahaman akan bahaya pandemi Covid, hingga merubah kebiasaan dengan selalu menjalankan 3M untuk memerangi pandemi, akan sejalan.

“Delapan fungsi keluarga ini jika dijalankan secara maksimal oleh masyarakat. Ayah yakin jangankan menjalankan prokes saja, mau 3M, mau bahaya pandemi, masyarakat pasti akan bisa memahami. Sehingga keluarga yang berketahanan dalam upaya kita melawan pandemi bisa diwujudkan,” lanjutnya.

Uung menambahkan, untuk terus mengingatkan kepada masyarakat akan bahaya pandemi dan pentingnya menjalankan protokol kesehatan, ia membentuk tim gugus kerja pencegahan Covid-19.

“Tugas utama tim yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat akan bahayanya pandemi ini sekaligus mensosialisasikan pentingnya delapan fungsi keluarga untuk membentengi diri dari pandemi,” imbuhnya.

“Ayah juga terus mengajak kepada masyarakat, hayu kita sama sama jalankan delapan fungsi keluarga, untuk membentuk ketahanan keluarga yang siap menghadapi tantangan tak terkecuali pandemi. Karena keluarga sebagai sub kelompok terkecil dalam masyarakat memiliki peran penting untuk memberantas penyebaran pandemi,” tutupnya.