Fiqih dari Jabar Pertahankan Predikat Duta Genre Indonesia

dari : cirebonraya.pikiran-rakyat.com

Putra Fiqih Agniyan Hidayat resmi dikukuhkan menjadi Duta Genre Indonesia 2020 setelah menyisihkan lima terbaik dari Provinsi Sulawesi Selatan, Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah.

Dengan pengukuhan itu Jawa Barat (Jabar) sukses menjaga tradisi juara Duta Generasi Berencana (Genre) di pentas nasional.

Tak hanya itu, Duta Genre Jabar lainnya Putri Anisa Kurnia Ramdhini juga sukses mencatatkan diri sebagai runner up Duta Genre Indonesia Putri.

Kedua remaja itu terpilih setelah melalui serangkaian penilaian dalam Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas (ADU JAK) Genre Indonesia 2020 yang digelar secara virtual mulai 23 November sampai 4 Desember 2020.

Ajang ini diikuti seluruh Duta Genre dari 34 provinsi di Indonesia.

Fiqih meinginkan keterpilihannya menjadi Duta Genre Indonesia membuka peluang untuk berkiprah lebih luas bagi pembangunan generasi muda di tanah air.

“Dengan berakhirnya lomba, saya berharap para Duta Genre di tanah air bersatu dan berkolaborasi untuk bersama-sama berbuat yang terbaik untuk bangsa,” kata mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) ini, Jumat (4/12/2020).

Fiqih mengaku bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas amanah dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Ini menjadi tantangan untuk berkiprah lebih luas lagi.

Dia juga berterimakasih kepada kakak-kakak Forum Genre Indonesia dan para Duta Genre sebelumnya.

“Saya berharap Kakak-kakak dapat memimbing kami untuk memberikan aksi nyata untuk Indonesia. Terima kasih untuk Duta Genre angkatan 2020. Kompetsisi berakhir. Kini saatnya bekolaboasi dan berkontribusi untuk negeri,” ungkap Fiqih saat memberikan official statement usai didapuk menjadi Duta Genre Indonesia.

Sementara itu keberhasilan Anisa Kurnia Ramdhini menduduki posisi kedua menjadi bukti bahwa Anisa patut mendapat acungan jempol.

Anisa hanya terpaut sedikit poin dibandingkan pemenang Duta Genre Indonesia Putri yang berhasil diboyong Duta Genre Sumatera Barat. Sebagai catatan, tahun lalu Jawa Barat berhasil mengantar Teliana Djuwita sebagai yang terbaik dalam ajang yang sama.

Sebelumnya, Anisa merupakan Duta Genre Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Jenderal Achmad Yani Kota Cimahi pada 2019 lalu.

Prestasi itu yang kemudian mengantarkannya untuk bersaing di tingkat Kota Cimahi pada tahun yang sama.

Aktivis Warga Peduli AIDS 2020 ini kemudian didapuk menjadi Duta Genre Kota Cimahi 2019. Setahun kemudian, anggota Purna Paskibraka Indonesia berhasil menjadi yang terbaik di Jawa Barat. (KP Siregar)***