Jokowi Minta BKKBN Terapkan Komunikasi Kekinian

dari rri.co.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melakukan strategi berbeda dalam berkomunikasi, serta memberikan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat.

Karena menurut Jokowi, kelompok sasaran utama BKKBN adalah  generasi muda yang adalah keluarga muda berkarakter digital.

“Semua punya gawai, gadget,  semua punya HP, dan sering melihat HP. Aktif di media sosial,” kata Jokowi pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kemitraan Program Bangga Kencana Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (28/1/2021).

Lebih lanjut, Kepala Negara mengatakan, metode komunikasi BKKBN juga harus berubah, berkarakter kekinian, serta menggunakan media kekinian sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat langsung ke sasaran.

“Sosialisasi yang disampaikan bukan hanya jumlah anak dan jarak antar kelahiran. Tapi yang paling penting disosialisasikan adalah membangun ketahanan keluarga, membangun ketahanan keluarga secara utuh dalam berbagai bidang baik kesehatan, ekonomi, pendidikan anak, dan kebahagiaan keluarga mulai dari penanganan gizi, kualitas sanitasi, kualitas lingkungan, akses pendidikan, kesehatan sampai terjaganya sumber pendapatan adalah pilar kesejahteraan dan ketahanan keluarga Indonesia,” ujar Jokowi.

Ditekankan Jokowi, penduduk Indonesia saat ini didominasi generasi muda yang baru berkeluarga dan akan berkeluarga. Sementara di tahun 2025, 2030, 2035 juga akan muncul bonus demografi.

“Puncaknya bonus demografi dan itulah nanti yang mendominasi keluarga-keluarga muda, keluarga-keluarga produktif. Ini yang harus semua kita tahu dan disiapkan betul sehingga saat Indonesia muncul yang muncul adalah keluarga-keluarga yang sehat, produktif, keluarga yang betul-betul berkualitas karena di tangan merekalah nasib bayi yang baru lahir dan akan lahir ke depan,” ungkapnya.

Adapun rakornas Kemitraan Program Bangga Kencana Tahun 2021  ini bertema “Meningkatkan Upaya dan Strategi dalam Rangka Percepatan Implementasi Program Bangga Kencana Melalui Lintas Sektor di Masa Pandemi Covid-19” bertujuan untuk memperkuat peran pemerintah daerah dan para  mitra kerja BKKBN dalam meningkatkan akses,  kualitas pelayanan,  dan Penggerakan Program Bangga Kencana di masa pandemi Covid-19.