Mang Oded: Kota Bandung Siap Mendukung Percepatan Penurunan Stunting di Jawa Barat

dari : jurnalsoreang.pikiran-rakyat.com

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Wahidin melakukan kunjungan silaturahmi dengan Wali Kota Bandung Oded Mohamad Danial di Balai Kota Bandung, Kamis 10 Juni 2021.

Pada kesempatan silaturahmi tersebut, keduanya banyak berdiskusi, salah satunya amanat Presiden Jokowi, yaitu percepatan penurunan stunting.

“Insyaalloh, target RPJMD Kota Bandung adalah percepatan penurunan stunting hingga ke angka 13 persen,” kata Wali Kota Bandung, Oded M Danial.

Meskipun bukan hal baru, kata Oded, Kota Bandung sudah banyak melakukan intervensi dan inovasi program yang berkaitan dengan percepatan penurunan stunting.

Melalui Program Tanginas (Tanggap Stunting dengan Pangan Aman dan Sehat) dan Aplikasi SiKeren untuk pemetaan Program Bangga Kencana di Kota Bandung, misalnya.

Tanginas merupakan bagian dari kegiatan rempug stunting di Kota Bandung, gerakan ini berusaha memberikan pengetahuan mengenai pangan aman dan sehat kepada keluarga yang terindikasi stunting, yang memiliki 4 target sasaran.

Dukungan melalui Program Inovasi Pemberdayaan Pembangunan Kewilayahan (PIPPK) juga masih terus dijalankan. Berupa kegiatan-kegiatan sosialisasi dan peningkatan kapasitas bagi para kader pendamping di masyarakat.

“Saya sangat berterima kasih atas dukungan pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB), baik fisik maupun penugasan. Dimana tahun ini Bandung mengelola 7,1 Milyar,” imbuhnya.

Wali Kota Bandung, Oded Mohamad Danial berharap agar Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bandung dapat memaksimalkan anggaran tersebut sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.***