DITPEMKON BKKBN Tambahkan Fitur Administrasi di YO SAKURGA

BANDUNG — Direktorat Pemberdayaan Ekonomi Keluarga (Ditpemkon) BKKBN RI menggelar kegiatan Sosialisasi Updating Aplikasi Yo Sakurga dengan Kekhususan Pelatihan Teknis Menu Administrasi dan Pembukuan Kelompok UPPKA secara hybrid di Ruang Prabu Siliwangi, Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Bandung pada Kamis, (15/9/2022).

Yo Sakurga yang merupakan singkatan dari “Ayo, Usaha Ekonomi Keluarga” adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Ditpemkon sebagai media informasi bagi kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) di Indonesia. Aplikasi Yo Sakurga sendiri dibangun pada tahun 2020 kemudian dikembangkan pada tahun 2021 dengan penambahan menu administrasi dan pembukuan Kelompok UPPKA. Pengembangan ini dilakukan karena sebagian besar sistem pencatatan kelompok UPKKA masih dilakukan secara manual dengan menggunakan buku besar.

 

 

Direktur Pemberdayaan Ekonomi Keluarga BKKBN RI, Ahmad Taufik, menjelaskan pengembangan aplikasi Yo Sakurga tersebut. “Fitur menu administrasi dan pembukuan itu kita kembangkan agar para pengguna Yo Sakurga ini terfasilitasi dalam hal pembukuannya. Di dalam fitur ini ada 2 hal, yakni informasi dari anggota kelompok UPPKA itu sendiri, misalnya seperti nama dan alamat kelompok UPPKA itu. Kemudian yang satu lagi adalah informasi yang menjelaskan terkait dengan jenis-jenis usaha kelompok UPPKA.”

 

 

Di dalam sambutannya, Taufik berharap agar 34 ribu kelompok UPPKA di Indonesia dapat memanfaatkan aplikasi Yo Sakurga secara penuh sebagai alat bantu untuk mempertahankan eksistensi UPPKA. Selain itu, aplikasi Yo Sakurga juga dapat digunakan sebagai alat bantu komunikasi dalam menyelesaikan persoalan UPPKA terkait dengan permodalan, pengelolaan, dan pemasaran.